5 Penyebab Sakit Pinggang pada Wanita yang Wajib Diketahui

5 Penyebab Sakit Pinggang pada Wanita yang Wajib Diketahui

Pada dasarnya, sakit pinggang dapat dialami oleh siapa saja, tetapi khusus wanita, ada banyak penyebab sakit pinggang pada wanita. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa sakit pinggang lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan pria. 

Ada sekitar 60 hingga 80 persen wanita yang pernah merasakan sakit pinggang. Lalu, apa saja yang dapat menjadi penyebab sakit pinggang pada wanita dan cara mengatasinya

Penyebab Sakit Pinggang pada Wanita

Sakit pinggang dapat didefinisikan sebagai rasa nyeri, otot yang meregang, atau kekakuan otot di area bawah rusuk sampai area atas lipatan pantat yang juga biasanya diiringi oleh nyeri kaki ataupun tidak.

Rasa nyeri ini bisa muncul di pinggang sebelah kanan atau sebelah kiri. Umumnya, sakit pinggang pada wanita bisa disebabkan oleh kebiasaan mengangkat beban berat atau posisi tubuh yang salah. Untuk lebih lengkapnya, bisa simak penyebab sakit pinggang pada wanita di bawah ini:

Premenstrual Syndrome (PMS)

Ketika mendekati masa menstruasi, beberapa wanita akan mengalami sakit pinggang atau merasa pegal pada punggung bagian bawah. Sakit pinggang yang dialami oleh wanita ketika akan menstruasi biasa juga disebut dengan premenstrual syndrome atau PMS.

Gejala sakit pinggang yang biasa ditemukan pada wanita saat PMS adalah kelelahan, nyeri pada punggung bagian bawah, perut yang kembung, sampai perubahan suasana hati atau mood. Kamu tidak perlu khawatir jika mengalami sakit pinggang saat PMS karena rasa sakit tersebut akan hilang setelah menstruasi mulai atau satu dua hari setelahnya.

Premenstrual Dysmorphic Disorder (PMDD)

Penyakit dismorfik pramenstruasi ini biasa disingkat menjadi PMDD. PMDD sendiri merupakan bentuk PMS yang lebih parah karena gejalanya bisa sangat mengganggu kegiatan sehari-hari penderitanya. PMDD akan berisiko lebih tinggi jika di keluargamu ada yang memiliki riwayat depresi atau gangguan mood lainnya.

Kehamilan

Wanita yang sedang hamil dikatakan lebih rentan mengalami sakit pinggang dibandingkan wanita yang berada dalam kondisi normal. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya berat badan hingga adanya perubahan hormon di dalam tubuh.

Sakit pinggang yang dialami oleh ibu hamil akan bertambah parah ketika usia kehamilan menginjak 5 sampai 7 bulan. Namun, sakit pinggang saat kehamilan juga bisa terjadi lebih awal. Wanita dengan riwayat sakit pinggang memiliki potensi yang lebih besar untuk mengalami sakit pinggang saat hamil.

Endometriosis

Endometriosis merupakan sebuah kondisi di mana ada jaringan yang melapisi rahim tumbuh di luar rahim, seperti di ovarium, tuba falopi, atau di saluran kemih dan usus. Gejala yang akan dialami oleh penderitanya berupa rasa nyeri dan kram saat menstruasi, sampai rasa sakit ketika sedang buang air.

Penyakit ini juga bisa menimbulkan masalah pencernaan, seperti perut kembung dan diare ketika menstruasi. Jika kamu mengalami sakit pinggang dan gejala-gejala di atas, maka kemungkinan kamu mengidap endometriosis. Ada baiknya untuk langsung berkonsultasi ke dokter karena penyakit ini kabarnya bisa membuat wanita menjadi sulit hamil. 

Dismenore

Penyebab sakit pinggang pada wanita juga bisa karena mengalami dismenore, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan menstruasi terasa menyakitkan bagi wanita. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seorang wanita terkena penyakit ini adalah perokok aktif, pendarahan berat ketika menstruasi, dan memiliki anggota keluarga dengan kondisi yang sama. 

Tidak hanya sakit pinggang, seorang wanita yang terkena penyakit ini juga akan mengalami gejala nyeri pada bagian tubuh lain, seperti pinggul, kaki, dan perut bagian bawah. Umumnya, nyeri yang diakibatkan oleh penyakit ini akan mereda dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Pada Wanita

Sebenarnya ada banyak cara mengatasi sakit pinggang pada wanita, seperti melakukan olahraga terutama bagi wanita yang mengalami sakit pinggang ketika berdiri, berjalan, atau saat duduk terlalu lama. Olahraga bisa dilakukan secara rutin sebanyak satu sampai lima kali dalam seminggu.

Nah, selain olahraga, ada beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk meredakan sakit pinggang pada wanita. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara mengatasi sakit pinggang yang dialami oleh wanita:

Dikompres dengan Air Hangat

Sakit pinggang bisa diredakan dengan menggunakan bantalan pemanas. Akan tetapi, jika kamu tidak memilikinya di rumah, ada alternatif lain yaitu dengan menggunakan kompres air hangat. Kompresan air hangat ini akan membantu meningkatkan sirkulasi nutrisi dan oksigen masuk ke otot-otot pinggang.

Menjaga Keaktifan Tubuh dengan Melakukan Olahraga

Penyebab sakit pinggang pada wanita umumnya adalah karena kurang bergerak dan berolahraga. Oleh karena itu, disarankan untuk menjaga tubuh tetap aktif dengan berolahraga karena olahraga dapat meningkatkan sirkulasi dan melenturkan otot-otot yang kaku.

Gunakan Kursi Penyangga Pinggang

Jika kamu merupakan seseorang yang melakukan banyak pekerjaan dengan duduk, bisa coba menggunakan kursi dengan penyangga pinggang. Kursi ini dapat memperbaiki postur tubuh yang kurang baik dan membantu meringankan sakit pinggang.

Itu dia penjelasan singkat mengenai hal-hal yang bisa menjadi penyebab sakit pinggang pada wanita sekaligus cara apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply