Ladies, Yuk Kenali Apa Itu Percaya Diri

Ladies, Yuk Kenali Apa Itu Percaya Diri

Pernahkah kamu bertanya-tanya, apa itu percaya diri? Mengapa banyak orang terlihat sangat percaya diri? Mengapa ada orang yang bisa bicara di depan banyak orang tanpa terlihat malu dan gugup?

Pertanyaan itu pun membawamu ke pertanyaan lainnya. Bagaimana caranya jadi percaya diri? Tenang, tak usah khawatir. Kamu akan menemukan jawaban atas pertanyaanmu di artikel tentang apa itu percaya diri ini.

Apa Itu Percaya Diri?

Jika mengutip American Psychological Association, percaya diri yang disebut dengan self-confidence punya dua makna, yaitu:

  • Percaya terhadap kemampuan, kapasitas, dan penilaian diri sendiri.
  • Percaya bahwa diri sendiri bisa memenuhi suatu tugas atau tujuan.

Ketika kamu merasa percaya diri, kamu merasa yakin dengan apa yang kamu miliki dan kuasai. Keyakinan itu kemudian akan memberimu tambahan energi untuk menyelesaikan tantangan dan mencapai keinginan. Pada akhirnya, rasa percaya diri akan membawamu kepada kebahagiaan hidup.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Setelah tahu apa itu percaya diri, sekarang kamu tentu ingin tahu cara meningkatkan kepercayaan diri. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Mengasihi diri sendiri

Tanpa sadar, kamu mungkin sering bersikap jahat terhadap diri sendiri. Sikap jahat itu bentuknya bermacam-macam, mulai dari meremehkan, menghakimi, dan mengkritik diri secara berlebihan.

Daripada jahat pada diri sendiri, lebih baik mencintai dan mengasihi diri sendiri. Kamu bisa memulainya dengan menerima dirimu seutuhnya. Menerima segala kelebihan dan kekurangan serta memaafkan segala kesalahan diri.

Lalu, kamu bisa mengucapkan hal-hal positif kepada diri sendiri. Misalnya, kamu bisa bilang, aku hebat, aku kuat, aku berharga, aku bisa melakukan ini, atau aku bisa memperbaiki ini. Apapun situasi dan kondisimu, tetaplah beri dukungan untuk diri sendiri.

  1. Memerhatikan penampilan

Kepercayaan diri juga dipengaruhi oleh penampilan, lho. Sebagai contoh, kamu pasti akan merasa percaya diri ketika mengenakan baju terbaik yang kamu suka. Karena itulah, kamu bisa mulai memerhatikan penampilan. Kenakan pakaian favoritmu yang bersih dan rapi.

Selain pakaian, memerhatikan postur tubuh tidak boleh ketinggalan. Tegakkan badanmu dan berikan senyuman terbaik, maka kamu akan jadi lebih percaya diri.

  1. Menerapkan mindfulness

Mindfulness adalah suatu keadaan ketika kamu merasa sadar akan keberadaanmu dan hal-hal yang ada di sekitarmu. Bagaimana caranya mencapai mindfulness? Jawabannya, kamu bisa melakukan meditasi.

Meditasi bisa dimulai dengan duduk diam di tempat yang tenang dan nyaman. Lalu, kamu bisa mulai merasakan keberadaan dirimu dan hal-hal di sekitarmu. Mulai perlahan dari anggota tubuh, rasakan gerakan anggota tubuhmu dan denyut jantungmu. Kenali apa yang kamu dengar dan lihat.

  1. Membayangkan kepercayaan diri

Rasa percaya diri itu bisa dibayangkan. Kapanpun kamu merasa tidak percaya diri, cobalah menutup mata dan menenangkan tubuhmu. Dalam pikiranmu, coba ingat kembali suatu momen ketika kamu merasa sangat percaya diri. Resapi momen itu hingga masuk ke dalam tubuh dan pikiranmu.

  1. Mempraktikkan skill

Ingin percaya diri di suatu bidang tertentu? Maka, praktikkanlah! Jika kamu ingin percaya diri ketika bicara di depan umum, coba luangkan waktu untuk bicara di depan cermin setiap hari. Jika kamu ingin percaya diri ketika mengenakan make up, praktikkan teknik tata rias wajah setiap hari agar semakin pandai.

Ladies, semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaanmu mengenai apa itu percaya diri dan bagaimana caranya jadi percaya diri. Setelah membaca artikel ini dan mempraktekkannya, kamu akan menjalani hari-hari yang lebih bahagia karena kamu sudah percaya diri!

Leave a Reply