Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Daun Sirih untuk Wanita

Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Daun Sirih untuk Wanita

Kamu mungkin pernah melihat orang tua atau nenek-nenek yang mengunyah daun sirih. Daun sirih merupakan tanaman yang biasa ditanam di rumah dan memiliki kandungan yang terbukti ampuh mengatasi masalah kesehatan. Lalu, apa manfaat daun sirih untuk wanita? Berikut ulasan lengkapnya.

Daun sirih sudah sejak lama dikenal sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Daun ini tidak memiliki efek samping sehingga banyak yang memilih menggunakan daun sirih daripada bahan kimia. Kandungan dalam daun sirih meliputi vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, protein, iodin, sodium, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, minyak atsiri, saponin serta polifenol yang bermanfaat mengatasi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah 5 manfaat daun sirih bagi wanita.

Membersihkan Vagina

Vagina merupakan organ penting bagi wanita sehingga perlu dijaga kebersihannya supaya tidak menimbulkan gatal, keputihan dan bau tak sedap. Kandungan polifenol dan kavikol pada daun sirih membantu mengurangi rasa gatal pada vagina.

Selain itu, atsiri pada daun ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bau tidak sedap pada vagina. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih ini, kamu hanya perlu merebusnya kemudian saring airnya, kemudian basuhkan pada area kewanitaan secara perlahan.

Mengatasi Jerawat

Manfaat daun sirih untuk wanita selanjutnya adalah mengatasi jerawat. Sebagian besar wanita tentu pernah mengalami masalah jerawat sehingga membuat percaya diri menurun. Daun sirih terbukti memiliki sifat antibakteri yang kuat terhadap bakteri penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acne.

Untuk menggunakan daun sirih sebagai obat jerawat, gunakan larutan daun sirih dengan konsentrasi 20mg/ml. selain mengatasi jerawat, daun siirh juga bermanfaat untuk mengobati luka kulit karena kandungan saponin, polifenol dan minyak atsiri bertindak sebagai antibakteri pada kulit.

Mengatasi Depresi

Wanita memiliki tingkat depresi yang lebih tinggi daripada pria setelah pubertas. Hal tersebut terjadi karena umumnya anak perempuan mengalami pubertas lebih awal daripada anak laki-laki, sehingga mereka mungkin dapat mengalami depresi pada usia lebih dini daripada laki-laki.

Selain berfungsi sebagai antidepresan, daun sirih juga dimanfaatkan sebagai obat herbal. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengunyah daun sirih seperti yang orang tua dulu lakukan sebagai aktivitas stimulan sistem saraf pusat (SSP) yang dapat membantu melawan depresi.

Mengatasi Migrain

Manfaat selanjutnya adalah membantu mengatasi migrain. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa migrain lebih sering menyerang wanita daripada pria. Hal ini terjadi karena perubahan kadar estrogen yang sering terjadi pada wanita sehingga membuat wanita lebih sering mengalami migrain atau sakit kepala lebih lama dan kronis.

Mencegah Kanker

Selain untuk kesehatan vagina dan kulit, ternyata daun sirih mampu mencegah sel kanker dalam tubuh. Hal ini karena kandungan karsinogen dalam jumlah tinggi dalam daun sirih yang disebut safrole.

Daun sirih memiliki sifat antioksidan, antimutagenik dan antikanker karena kandungan fitokimia pada daun ini yang berarti daun sirih tidak menyebabkan kanker pada tingkat konsumsi yang tidak membuat ketagihan, kecuali jika dibuat dengan tembakau. Karena cairan tembakau berkaitan dengan kanker mulut.

Faktanya, senyawa hydroxychavicol dan asam klorogenat dalam daun sirih mampu melawan karsinogen dalam tembakau. Kedua senyawa tersebut dapat membunuh sel-sel kanker secara selektif tanpa memengaruhi sel sehat.

Itulah 5 manfaat daun sirih untuk wanita yang bisa kamu jadikan referensi dalam menjaga kesehatan area kewanitaan, kulit maupun mengatasi depresi. 

Leave a Reply