7 Macam Obat Asam Lambung Untuk Ibu Hamil

Tahukah kamu kalau ibu hamil sering mengalami penyakit asam lambung? Presentase ibu hamil yang mengalami penyakit asam lambung adalah sebesar 80%. Penyakit asam lambung adalah gangguan lambung yang umumnya membuat rasa mulas, mual, hingga muntah.

Biasanya, penyakit asam lambung pada ibu hamil akan dirasakan saat kehamilan memasuki trimester kedua hingga ketiga. Untuk meringankan keluhan asam lambung pada ibu hamil, maka disarankan untuk mengonsumsi obat asam lambung.

Kenali obat asam lambung untuk ibu hamil

Obat asam lambung adalah obat yang ditujukan untuk meringankan keluhan asam lambung agar tidak menyebabkan mulas, mual, atau muntah.

Pada sebagian besar kasus, pemberian obat asam lambung pada ibu hamil harus dengan rekomendasi dokter agar aman digunakan untuk ibu hamil dan tidak mengganggu perkembangan janin.

7 macam obat asam lambung untuk ibu hamil

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh UT Southwestern Medical Center terkait dengan obat asam lambung untuk ibu hamil terdapat 3 jenis. Kandungan dari obat-obatan ini berupa antasida, antagonis H2, dan proton pump inhibitor.

Berikut adalah 7 macam obat asam lambung yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil:

Obat asam lambung dengan kandungan antasida

Obat asam lambung antasida adalah obat asam lambung yang bertujuan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti mulas, refluks asam, penyakit maag, hingga radang selaput perut.

Obat asam lambung antasida dapat dikonsumsi tanpa resep dokter dan dapat dibeli di apotek terdekat. Minumlah obat asam lambung antasida dengan dosis yang tepat agar tidak mengganggu kehamilan.

Obat asam lambung dengan kandungan sukralfat

Obat asam lambung sukralfat adalah obat anti maag yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Obat asam lambung sukralfat membantu mengatasi tukak lambung dan luka lainnya di sekitar lambung ataupun dinding usus.

Dosis yang baik untuk ibu hamil saat akan mengonsumsi obat asam lambung sukralfat haruslah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter akan memberikan dosis terbaik agar sesuai dengan keluhan serta usia kehamilan.

Obat asam lambung dengan kandungan h2-receptor blocker

Obat asam lambung h2-receptor blocker adalah obat yang bekerja untuk menurunkan kadar histamin agar tidak merangsang produksi asam lambung berlebih.

Obat asam lambung dengan kandungan ranitidin

Obat asam lambung ranitidin adalah obat ya bekerja untuk mengobati refluks asam, sakit maag, dan mulas. Obat asam lambung dengan kandungan ranitidin memerlukan resep dokter apabila ingin dikonsumsi untuk orang dewasa ataupun ibu hamil agar mendapatkan dosis yang tepat.

Obat asam lambung proton pump inhibitor

Obat asam lambung proton pump inhibitor adalah obat yang bekerja untuk menghalangi enzim agar tidak memproduksi asam lambung berlebih. Proton pump inhibitor secara efektif mampu mengobati refluks asam atau penyakit GERD (refluks gastroesofageal), dan tukak lambung. Obat ini harus diminum sesuai dengan dosis dari dokter.

Obat asam lambung dengan kandungan omeprazole

Obat asam lambung dengan kandungan omeprazole sering digunakan untuk mengobati keluhan penyakit lambung seperti refluks asam, mulas, dan gangguan pencernaan lainnya. Omeprazole sebaiknya diminum dengan resep dokter apabila ingin dikonsumsi oleh ibu hamil.

Obat asam lambung dengan kandungan prokinetik

Obat asam lambung dengan kandungan prokinetik biasanya digunakan untuk mengobati refluks asam, sembelit, dan gangguan otot-otot pada sistem pencernaan. Obat asam lambung dengan prokinetik tergolong dalam obat yang harus disertai dengan resep dokter, terutama bila ingin dikonsumsi oleh ibu hamil.

Bagaimana pengobatan asam lambung yang alami untuk ibu hamil?

Apabila ibu hamil masih ragu dengan obat asam lambung yang aman untuk ibu hamil, maka asam lambung bisa diobati dengan beberapa cara berikut ini:

  • Duduklah dengan tegak saat sesudah makan untuk beberapa saat
  • Disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan sesaat sebelum tidur
  • Konsumsilah makanan dengan porsi ringan dan frekuensi yang sering
  • Hindari konsumsi kafein untuk memancing produksi asam lambung
  • Hindari konsumsi makanan pedas, asam, dan berminyak
  • Cobalah meminum air hangat dengan madu atau jahe
  • Cobalah mengunyah makanan dengan perlahan-lahan untuk menghindari rasa kembung

Apabila keluhan asam lambung pada ibu hamil belum juga membaik, maka ada baiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa keadaan lambung dan sistem pencernaan lainnya sehingga dapat meresepkan obat dengan tepat untuk ibu hamil.

Leave a Comment