Kenali Sejak Dini, Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi

Kesehatan reproduksi sering kali dianggap tabu dan jarang menjadi perhatian banyak orang. Padahal, kesehatan reproduksi sama pentingnya dengan kesehatan tubuh lain yang harus kita jaga.

Baik pria ataupun wanita, kesehatan reproduksi adalah hal yang penting dan harus diperhatikan sejak masa pubertas. Pada masa pubertas, perkembangan dan kesehatan reproduksi mengalami banyak perubahan. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi yang tepat? Yuk, kita simak bersama pada artikel ini.

Cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas

Pada masa pubertas, pria dan wanita akan mengalami banyak perubahan fisik, tidak terkecuali pada organ reproduksi. Perkembangan organ-organ reproduksi ini akan dipengaruhi oleh beberapa hormon yang berperan aktif selama pubertas.

Penting bagi pria dan wanita untuk mengetahui cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas agar dapat berkembang dengan sehat. Berikut beberapa caranya, yaitu:

Jalani dan jaga pola hidup sehat

Mulailah untuk menjalani pola hidup sehat dan selalu menjaga pola hidup sehat agar perubahan hormon tetap seimbang. Pola hidup sehat dapat dimulai dengan mengonsumsi makanan bergizi serta menghindari stress.

Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan jika dikonsumsi dalam waktu panjang atau dengan frekuensi yang berlebihan.

Penuhi kebutuhan kalsium dan magnesium dalam tubuh

Semakin bertumbuh, pria dan wanita membutuhkan kalsium dan magnesium untuk kesehatan tubuh. Kalsium dapat membantu mengurangi rasa lelah pada saat pramenstruasi. Sementara magnesium membantu meringankan gejala sakit kepala dan gula darah rendah akibat dari menstruasi.

Kenali pembalut dan tisu yang aman dan sehat

Wanita wajib mengenali apa saja pembalut yang aman dan sehat untuk digunakan. Pilihlah pembalut yang minim pewangi agar tidak mempengaruhi siklus reproduktif dalam organ reproduksi wanita.

Perhatikan kebersihan pembalut secara rutin

Penggunaan pembalut pada wanita adalah hal yang wajib saat terjadi menstruasi. Oleh karena itu, wanita wajib untuk memperhatikan kebersihan pembalut secara rutin dengan menggantinya setiap beberapa jam sekali.

Jagalah kebersihan organ intim

Mulailah menjaga kebersihan organ intim dengan membersihkannya setiap hari. Hindari membersihkan organ intim dengan sabun, gel, ataupun antiseptik agar pH pada organ intim tidak terganggu.

Hindari aktivitas seksual berisiko tinggi

Aktivitas seksual berisiko tinggi dengan tidak menggunakan pengaman dapat mempengaruhi kesehatan organ reproduksi. Penyakit menular seksual (PMS) dapat ditularkan dengan mudah dan mengganggu kesehatan reproduksi.

Selain menjaga kesehatan reproduksi, wanita juga wajib mengetahui siklus menstruasi, masa subur wanita, dan penggunaan kontrasepsi yang tepat agar kesehatan reproduksi tetap terjaga dengan baik.

Leave a Comment