Wanita Wajib Tahu, Macam-Macam Pembalut Saat Menstruasi

Pembalut adalah salah satu hal yang wajib dan tidak bisa dipisahkan dari wanita. Pembalut memiliki peran yang sangat besar saat wanita mengalami menstruasi. Lapisan pada pembalut akan membantu penyerapan darah menstruasi dan menjaga vagina agar tetap kering dan sehat.

Terdapat macam-macam pembalut yang dibedakan dari jenis, ukuran, dan ketebalan lapisan yang berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan harian. Apa saja jenis-jenis pembalut yang umum untuk digunakan? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Jenis-jenis pembalut

Pembalut memiliki beberapa jenis jika dilihat dan dibagi dari fungsinya. Seperti pembalut sekali pakai dan pembalut cuci ulang (reusable sanitary pads). Apa perbedaannya?

Pembalut sekali pakai

Pembalut sekali pakai adalah jenis pembalut yang hanya bisa digunakan satu kali dan dapat dibuang setelah selesai. Lapisan pada pembalut sekali pakai biasanya meliputi permukaan pembalut, bantalan serap tinggi di bagian tengah, dan perekat pembalut di bagian bawah.

Biasanya, pembalut sekali pakai akan dilengkapi dengan lapisan berpori pada bagian atas agar menjaga kulit kemaluan tetap kering saat menstruasi.

Bantalan serap tinggi pada pembalut biasanya terbuat dari kapas organik ataupun nonorganik sehingga dapat menyerap cairan dengan maksimal dan mencegah kebocoran saat beraktivitas.

Lapisan perekat pembalut yang berada di bawah pembalut berguna untuk mencegah pembalut agar tidak bergeser atau lepas saat digunakan.

Pembalut cuci ulang (reusable sanitary pads)

Pembalut cuci ulang adalah pembalut yang umumnya terbuat dari kain dan dapat dicuci ulang setelah digunakan. Biasanya pembalut kain terbuat dari bahan sutra, katun, rami, dan kain terry.

Sama seperti pembalut sekali pakai, pembalut kain pun memiliki sayap dan klip yang dapat meningkatkan kenyamanan serta mencegah pembalut bergeser saat digunakan.

Menstrual Cup

Menstrual cup adalah alat yang tergolong sebagai produk cuci ulang. Menstrual cup memiliki bentuk yang menyerupai corong yang dapat menampung darah menstruasi sebesar 30 ml.

Meskipun bentuknya yang fleksibel dan aman untuk digunakan, namun masih banyak yang tidak percaya atau tidak berani menggunakannya. Menstrual cup sendiri dapat digunakan secara berulang selama beberapa tahun.

Tampon

Tampon adalah golongan pembalut sekali pakai yang terdiri dari bantalan kapas silinder dengan benang penarik diujungnya.

Tampon memiliki daya serap yang baik saat digunakan untuk menyerap darah dari dalam vagina. Tampon memiliki daya serap yang dapat bertahan hingga 4-8 jam dalam sekali pakai.

Tidak hanya memiliki beberapa jenis pembalut, tapi juga memiliki berbagai variasi ukuran serta ketebalan pembalut yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan harian. Berikut adalah beberapa variasi ukuran dan ketebalan pembalut sekali pakai:

Panty liners

Panty liners adalah pembalut berukuran persegi panjang, kecil, dan tipis sehingga daya serapnya tidak terlalu tinggi. Biasanya, panty liners digunakan saat terjadi menstruasi ringan seperti flek.

Ultra-thin

Pembalut ultra thin biasanya memiliki bantalan yang sangat tipis dan berukuran 20-23 cm. Pembalut ultra thin dapat digunakan dengan nyaman oleh wanita untuk aktivitas sehari-hari.

Maxi-super

Seperti namanya, pembalut maxi-super memiliki daya serap yang sangat tinggi agar darah menstruasi dapat diserap maksimal.

Night

Pembalut night biasanya akan dirancang khusus agar wanita dapat tidur dengan nyenyak tanpa khawatir adanya kebocoran digunakan.

Pembalut dengan sayap

Pembalut dengan sayap diciptakan untuk meminimalisir adanya pergeseran pembalut saat digunakan beraktivitas sehari-hari.

Jadi, wanita wajib tahu apa saja jenis-jenis pembalut serta variasinya agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan harian dan terhindar dari risiko kebocoran saat menstruasi.

Leave a Comment